Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman hias untuk obati penyakit di kala pandemi covid 19

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar merupakan kenikmatan yang tiada duanya, akan tetapi terkadang kita tidak selalu bisa merasakan nikmat sehat jika kita terserang virus atau bakteri yang menyebabkan terjadinya perubahan imun tubuh sehingga dapat memicu terjadinya sakit.


Di era pandemi covid 19 sekarang ini, sangat banyak isu dan kabar yang beredar baik di media sosial maupun masyarakat umum mengenai bahaya virus yang mematikan ini. Sudah banyak korban jiwa dalam peristiwa tersebut, maka dari itu marilah kita bekerja sama untuk menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan 3M yaitu :

1. Memakai masker
2. Menjaga jarak
3. Menghindari kerumunan

Dengan di wajibkankan untuk senantiasa disiplin dalam menerapkan himbauan tersebut agar kita segera pulih kembali hidup normal dan bebas dari panemi covid 19. 

Adapun beberapa gejala yang umumnya di rasakan jika terserang virus tersebut cukup variatif tergantung pada tingkat dan kondisi imun tubuh seseorang, adapun beberapa gejala umum yang di rasakan oleh pasien ialah :

1. Demam tinggi atau lebih dari 37°C
2. Badan terasa pegal dan lelah
3. Konjungtivitis ( mata merah )
4. Batuk kering 
5. Ruam kulit
6. Sakit tenggorokan
7. Pusing
8. Diare
9. Hilangnya indra perasa
10. Sesak nafas

Dengan maraknya peredaran kasus dari virus mematikan ini membuat masyarakat umum merasa resah dan khawatir secara berlebihan sehingga tidak di pungkiri banyak yang masyarakat yang stres karena banyaknya aturan yang membatasi mobilitas kita keluar rumah, baik bekerja, bepergian, serta bersekolah. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita dapat melakukan kegiatan atau aktivitas yang lebih di maksimalkan untuk di lakukan rumah saja. 

Selain dapat mengurangi resiko terserang virus covid 19, aktivitas di rumah juga dapat menjadi kegiatan yang positif dan menyenangkan untuk dilakukan bersama anggota keluarga kita yang lain, kita dapat melakukan kegiatan seperti berkebun atau bercocok tanam. Tidak harus menggunakan media lahan yang luas, tetapi bisa juga di terapkan pada lahan rumah yang sempit sekalipun. 

Nah, disini kami akan merekomendasikan untuk anda agar kegiatan berkebun anda menyenangkan, anda dapat memulainya dengan menanam tanaman hias selain dapat mempercantik tampilan rumah kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang berdampak sangat positif yaitu dapat membuat sirkulasi udara menjadi segar dan sejuk. 

Kita dapat menanam berbagai macam jenis tanaman hias yang rindang dan multifungsi, jadi selain cantik dan indah di pandang, tanaman hias ini juga dapat berfungsi sebagai obat mujarab untuk mengatasi ataupun mencegah beberapa gejala penyakit. 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi tanaman hias yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit 

1. Daun sirih


Daun sirih umumnya merupakan tumbuhan yang merambat atau bercabang, berkembang dengan sistem merunduk atau membuat akar baru ketika batangnya mulai memanjang. Ada banyak jenis daun sirih, tetapi untuk fungsi utamanya selain dapat memperindah rumah, karena untaian batangnya yang merambat ke tembok. Daun sirih juga berfungsi untuk menjaga kebersihan badan serta dapat mengobati penyakit seperti radang sendi, keputihan, ruam, gatal-gatal serta dapat mengobati iritasi ringan pada mata merah. Berikut ini adalah cara membuat larutan daun sirih untuk mengobati beberapa penyakit antara lain :

1. Iritasi pada mata ( mata merah )

Buat larutan daun sirih :

Siapkan 3 lembar daun sirih yang sudah di cuci bersih lalu rebus dengan air bersih sebanyak 300ml atau 2 setengah gelas. Rebus hingga mendidih lalu diamkan hingga suhu dingin. 

Anda dapat gunakan larutan air rebusan daun sirih ini untuk mengobati iritasi mata yaitu dengan meletakkan cairan pada piring bersih atau wadah yang datar untuk dapat anda gunakan sebagai pembersih mata, caranya adalah dengan membuka mata pada larutan tersebut sebanyak 2/3 kali sambil mata di buka dan tutup. 

2. Mengatasi keputihan

Untuk mengatasi keputihan, Anda dapat menggunakan larutan daun sirih dengan cara mencuci area kewanitaan Anda, setelah itu bisa di keringkan dengan kain atau handuk bersih.

2. Daun kelor

Daun kelor merupakan jenis tanaman yang biasanya tumbuh pada iklim tropis seperti Indonesia ini, dan bisa Anda jumpai di hutan maupun perkebunan karena merupakan tanaman yang mudah di budidayakan, daunnya yang rindang serta hijau sejuk membuat suasana rumah Anda menjadi lebih segar dan asri.

Mengandung zat besi dan kaya kalsium sehingga jenis tumbuhan ini bisa di katagorikan menjadi golongan sayur mayur, dapat digunakan sebagai pencegah penyakit jantung, menambah imunitas tubuh serta dapat menurunkan tingkat stres.

Untuk pengolahan kelor ada berbagai macam variasi, seperti di buat sayur kuah, tumis, bahkan dapat di buat menjadi tepung untuk di gunakan sebagai bahan kue atau bolu. 

Cara membuat tepung daun kelor :

Siapkan daun kelor yang sudah di rontokkan sekitar 1 kg, lalu di keringkan. Bisa dengan menggunakan metode panggang atau sangrai setelah itu hancurkan dengan cara di tumbuk atau di blender halus. Anda bisa menyaringnya Kembali dengan cara di ayak. Dan tepung sudah siap di pakai untuk keperluan Anda membuat kue atau bolu.

3. Daun suji


Daun suji merupakan tanaman yang mudah sekali kita jumpai terutama di lingkungan rumah di sekitar kita, selain memiliki bentuk pohon yang berbuku-buku, pohon ini juga memiliki warna hijau tua yang menyegarkan mata ketika dilihat apalagi jika di tanam secara rapi akan lebih menambah keindahan tersendiri di lingkungan rumah kita. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai pewarna makanan alami yaitu dengan cara mengambil sari dari daunnya. 

Berikut adalah pembuatan sari daun suji.

Siapkan 10 helai daun suji, cuci bersih lalu blender atau tumbuk. Jika di blender anda bisa menambahkan air sebanyak 1 gelas atau sekitar 200ml. Saring airnya dan sari hijau daun suji bisa anda gunakan untuk pewarna makanan.

Selain berguna untuk hiasan taman dan pewarna makanan alami, daun suji juga dapat mengobati penyakit seperti batuk kering serta batuk berdarah. Caranya adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin setengah gelas (100 ml) sari daun suji pada pagi hari. Mengandung banyak zat klorofil di dalamnya menambah manfaat besar jika rajin mengkonsumsinya.

4. Pohon dadap srep

Adakah yang suka melihat pohon dadap srep ? Kebanyakan pohon ini tumbuh subur dan tinggi menjulang, jarang yang ingin menjadikannya tanaman hias, namun siapa sangka pohon ini memiliki daun yang berbentuk melebar dan Memiliki cabang ranting yang kecil-kecil serta biasanya setiap batang kecil itu terdapat 3 daun. 

Pohon dadap srep memiliki banyak manfaat terutama pada daunnya yang rindang, sesungguhnya pohon ini wajib anda tanam di lingkungan rumah anda, pohon ini dapat di jadikan hiasan taman dengan catatan anda harus rajin memangkasnya ya ? Serta untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan anda juga bisa merawatnya dengan memangkas duri-duri kecil yang berada di batang inti. 

Manfaat daun dadap srep adalah sebagai obat ampuh penurun panas, caranya yaitu dengan memetik 3 lembar daun dadap srep, cuci bersih, lalu di gecek saja bisa dengan alat tumbukan atau di gecek dengan tangan saja. Tempelkan pada bagian badan seperti perut, punggung, leher, serta dahi. Diamkan beberapa menit, lalu anda bisa mengulangi kembali beberapa kali. Dan suhu badan akan turun secara perlahan.

5. Daun camcau atau cincau hijau

Orang jawa menyebutnya pohon camcau, jenis pohon yang dapat di jadikan jelly ini secara umumnya terdapat 2 jenis yaitu yang berbentuk waru atau hati dan yang meruncing. Sebenarnya ke duanya memiliki fungsi yang sama akan tetapi memiliki bentuk yang berbeda. Untuk yang kita bahas disini adalah bentuk daun cincau hijau rambat yang meruncing.

Siapa saja pasti akan merasa nyaman dan sejuk ketika melihat untaian pohon cincau hijau ini ter tata rapi dan menjuntai di sepanjang tembok rumah, dapat menambah kesan rindang dan asri hunian dan tidak jarang dapat pula di gunakan sebagai background foto. Iya selain indah di pandang, daun cincau hijau ini juga dapat di gunakan sebagai obat panas dalam dan menurunkan kadar darah dalam tubuh. Caranya adalah membuat minuman jelly cincau dengan mengambil sari daunnya.

Membuat minuman jelly cincau hijau yang menyegarkan serta dapat mengobati panas dalam serta menurunkan kadar kolesterol 
 
Siapkan 3 genggam daun cincau, cuci bersih lalu campurkan dengan air suam suam kuku sebanyak 500ml atau 3 gelas kurang. Remas-remas daun hingga halus dan mengeluarkan gel kental. Jika sudah dirasa cukup kental anda dapat menyaringnya. Diamkan cairan gel tadi hingga kaku dan kenyal seperti jelly, dan jelly hijau siap di santap sebagai camilan atau campuran minuman segar yang menyehatkan.


Demikian beberapa jenis tanaman hias yang dapat digunakan untuk mengobati ataupun mencegah penyakit pada tubuh. Selalu jaga kesehatan dengan melakukan kegiatan positif, rajin berolahraga, dan istirahat secukupnya. 

Terimakasih.






Post a Comment for "Tanaman hias untuk obati penyakit di kala pandemi covid 19"