Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mudah Mendapatkan Modal, Pengalaman dari Pebisnis Propesional

10 Cara Mendapatkan Modal, Pengalaman dari Pebisnis Propesional

Trik mendapatkan modal usaha - Dapat dilakukan dengan berbagai pilihan, tergantung keadaan Sobat saat ini. untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan bisa melalui perbankan maupun dari kerabat dan keluarga. Namun, hal ini tidak selalu mudah karena ada syarat yang harus dipenuhi.

Modal Bisnis memang menjadi hal yang sangat penting ketika kita ingin membangun atau mengembangkan sebuah bisnis. Walaupun banyak orang bilang bahwa bisnis itu tidak harus pakai modal uang, faktanya rata-rata pengusaha bisa sukses karena adanya faktor modal.

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya mencari modal usaha sekarang ini tidak sesulit beberapa tahun yang lalu. Jaman sekarang ada banyak cara mendapatkan modal usaha yang dapat diupayakan oleh para pebisnis dari berbagai sumber.

Berikut ini merupakan Trik cari modal usaha tanpa jaminan maupun dengan jaminan berdasarkan pengalaman pengalaman pengusaha. Silahkan sesuaikan dengan situasi Sobat saat ini.

1. Meminjam Modal Usaha Dari Bank dengan Jaminan

Meminjam uang dari Bank untuk modal Bisnis merupakan hal yang paling lumrah dilakukan oleh para pengusaha. Biasanya pihak Bank menawarkan pinjaman dengan jaminan, yang kita kenal dengan Kredit Multi Guna (KMG).

Jaminan untuk pinjaman tersebut merupakan aset nasabah, baik itu kendaraan bermotor ataupun properti. Bunga pinjaman modal dari Bank terhitung cukup besar, yaitu antara 9% – 12% dengan tenor pembayaran mulai dari 5 tahun hingga 20 tahun, tergantung besarnya pinjaman modal yang disetujui.

Bagi Usaha Kecil Menengah10 Cara Mendapatkan Modal, Pengalaman dari Pebisnis Propesional, pihak Bank memiliki program Kredit Usaha Rakyat. Tapi bagi para pebisnis yang tidak termasuk kategori UKM, pilihan pinjaman dana biasanya Kredit Multi Guna (KMG).

2. Pinjaman Modal Bisnis dari Bank Tanpa Jaminan

Selain pinjaman uang dengan jaminan, pihak Bank juga memiliki fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jenis pinjaman ini cukup banyak diminati oleh para pencari modal karena tidak perlu memberikan jaminan apapun kepada pihak Bank.

Sayangnya, pinjaman KTA ini bunganya lebih tinggi dari KMG. Adapun besaran bunga KTA merupakan 10% – 23%, tergantung berapa besar pinjaman dan berapa lama tempo pembayaran.

Bagi pengusaha yang ingin mendapatkan modal dengan cara KTA, sangat disarankan untuk mengambil tenor cicilan yang lebih singkat. Memang terasa lebih berat cicilannya, tapi total keseluruhan pembayaran akan jauh lebih kecil ketimbang mengambil tenor cicilan yang panjang.

3. Mendapatkan Modal Bisnis dengan Tabungan

Mencari modal usaha dalam Islam melarang adanya riba sehingga pinjaman uang dengan bunga akan dihindari oleh sebagian besar umat Islam. Opsi ini (menabung) sangat cocok bagi mereka yang tidak suka berhutang, dan tidak ingin melakukan riba.

Selain cukup mudah untuk dilakukan, Sobat tidak akan mengalami resiko gagal bayar jika berhutang yang dapat berakibat buruk pada seluruh bisnis Sobat. Menabung dan mengumpulkan modal untuk usaha memang akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, dalam jangka panjang akan membuat Sobat merasa lebih tenang.

4. Cara Mendapatkan Modal Bisnis dengan Menjual Aset

Seringkali kita harus mengorbankan sesuatu yang berharga untuk tujuan yang lebih baik di masa depan. Salah satunya merupakan ketika kita menjual aset atau barang berharga untuk mendapatkan modal usaha.
Beberapa aset dan barang berharga ini misalnya;
  • Toko yang tak terpakai
  • Perhiasan (cincin, kalung, dll)
  • Kendaraan bermotor baik Sepeda Motor maupun mobil
  • Barang  barang elektronik
  • Pakaian bekas yang masih bisa digunakan
  • dan lain sebagainya
Aset dan barang berharga yang Sobat jual tersebut hanya ‘pergi’ sementara untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Pada saatnya nanti, ketika usaha Sobat sudah menguntungkan tentu saja semua aset dan barang berharga tersebut dapat Sobat dapatkan kembali.

5. Menggadaikan Barang di Pegadaian

Mungkin Sobat tidak dapat merelakan menjual barang berharga milik Sobat untuk mendapatkan modal. Itu bukan masalah, Sobat dapat menggadaikan barang tersebut di pegadaian.
Bagi aku pribadi, menggadaikan barang - barang berharga di Pegadaian ini dapat dibilang seperti menitipkan barang saja. Pastinya ada biaya yang harus dibayarkan. Selain mendapatkan modal usaha, barang berharga yang digadaikan akan tetap aman di pegadaian.
Memang harga barang yang ditaksir oleh pihak pegadaian biasanya tidak sebesar harga pada umumnya. Namun, mengingat bunga pegadaian yang jauh lebih kecil dari bunga pinjaman di Bank, cara ini masih terhitung lebih aman.

6. Mencari Modal Usaha dari Situs CrowdFunding

7. Meminta Pinjaman Uang dari Kerabat atau Keluarga

8. Mencari Modal dengan Cara Joint Venture

9. Mencari Modal Usaha Hibah

10. Mencari Investor untuk Bisnis Sobat

11. Ikut serta Program Wirausaha dari Pemerintah

Demikian artikel mengenai 10 Cara Mudah Mendapatkan Modal, Pengalaman dari Pebisnis Propesional, agar pemahaman Anda lebih baik silahkan simak artikel tentang Merancang Strategi Pemasaran
Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "10 Cara Mudah Mendapatkan Modal, Pengalaman dari Pebisnis Propesional"