Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Merancang Strategi Pemasaran


Merancang Strategi Pemasaran
Merancang Strategi Pemasaran - Mengembangkan strategi pemasaran sangatlah penting untuk bisnis apapun. Tanpa itu, usaha yang kita lakukan untuk menarik pelanggan cenderung berantakan dan tidak efektif.

Strateginya Anda harus berfokus untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang anda tawarkan memenuhi kebutuhan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang yang menguntungkan dengan para pelanggan. Untuk menmencapai hal ini, kita perlu menciptakan strategi fleksibel yang dapat merespons perubahan persepsi dan tuntutan pelanggan. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi pasar baru yang dapat Anda targetkan dengan sukses.

Tujuan strategi pemasaran adalah untuk mengidentifikasi dan mengkomunikasikan manfaat dari penawaran perusahaan Anda kepada target pasar Anda.

Bila Anda telah menciptakan dan menerapkan strategi, pantau keefektifannya dan buat penyesuaian yang diperlukan agar berhasil.

Panduan ini membantu Anda mengidentifikasi pelanggan yang ingin Anda fokuskan dan juga tujuan utama Anda untuk mencapainya. Ini menjelaskan apa yang harus disertakan dalam strategi pemasaran Anda dan bagaimana hal itu dapat menjadi dasar untuk tindakan yang efektif.
  • Elemen kunci dari strategi pemasaran yang sukses
  • Pahami kekuatan dan kelemahan
  • Kembangkan strategi pemasaran

ELEMEN KUNCI DARI STRATEGI PEMASARAN YANG SUKSES

Salah satu elemen kunci dari strategi pemasaran yang sukses adalah mengenali bahwa calon pelanggan dan calon pelanggan Anda akan jatuh ke dalam kelompok atau segmen tertentu, yang dicirikan oleh "kebutuhan" mereka. Mengidentifikasi kelompok-kelompok ini dan kebutuhan mereka melalui riset pasar dan kemudian mendekati mereka dengan kesuksesan yang lebih besar daripada pesaing Anda harus menjadi pusat strategi Anda.

Anda kemudian dapat mengembangkan strategi pemasaran yang memaksimalkan kekuatan Anda dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pelanggan yang ingin Anda targetkan. Misalnya, jika kelompok pelanggan tertentu mencari kualitas pertama dan terutama, maka aktivitas pemasaran yang ditujukan kepada mereka harus menarik perhatian pada layanan unggulan yang dapat Anda berikan.

Setelah ini tercapai, putuskan aktivitas pemasaran terbaik yang akan memastikan bahwa target pasar Anda mengetahui produk atau layanan apa yang Anda tawarkan, dan mengapa mereka memenuhi kebutuhan mereka.

Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai bentuk periklanan, pameran, prakarsa hubungan masyarakat, aktivitas internet dan menciptakan strategi "point-of-sale" yang efektif jika Anda mengandalkan orang lain untuk menjual produk anda Batasi aktivitas Anda ke metode yang menurut Anda akan bekerja paling baik, hindari menyebarkan anggaran terlalu banyak.

Pemantauan dan evaluasi selanjutnya tentang efektivitas strategi Anda adalah elemen kunci yang sering diabaikan. Unsur kontrol ini tidak hanya membantu Anda memahami bagaimana strategi bekerja dalam praktik, namun juga dapat membantu memandu strategi pemasaran Anda di masa depan. Cara mudah adalah dengan bertanya kepada setiap pelanggan baru bagaimana mereka mendengar tentang bisnis Anda.

Bila Anda telah memutuskan strategi pemasaran Anda, tulislah sebuah rencana pemasaran untuk menunjukkan bagaimana Anda merencanakan untuk melaksanakan dan mengevaluasi keberhasilan strategi ini. Rencana tersebut harus terus ditinjau ulang untuk merespon dengan cepat perubahan kebutuhan dan sikap pelanggan di industri Anda, serta perubahan iklim ekonomi secara keseluruhan.

MEMAHAMI KEKUATAN DAN KELEMAHAN ANDA

Strategi Anda harus mempertimbangkan bagaimana kekuatan dan kelemahan bisnis Anda akan mempengaruhi pemasaran Anda.

Mulailah dokumen strategi pemasaran Anda dengan analisis SWOT yang menyeluruh dan jujur, diskusikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Anda terhadap Anda. Pada tahap ini, yang terbaik adalah melakukan riset pasar tentang pelanggan Anda yang ada, karena ini akan membantu Anda membangun gambaran reputasi Anda yang lebih jujur ​​di pasar.
Pasukan dapat mencakup:
  • Layanan pelanggan pribadi dan fleksibel
  • fitur atau manfaat tertentu yang ditawarkan produk Anda
  • pengetahuan khusus atau keterampilan
Kelemahannya bisa meliputi:
  • sumber daya keuangan terbatas
  • kurangnya reputasi yang mapan
  • sistem akuntansi yang tidak efektif
Kemungkinan bisa meliputi:
  • peningkatan permintaan dari sektor tertentu di pasar
  • menggunakan internet untuk mencapai pasar baru
  • teknologi baru yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan kualitas produk
Ancaman mungkin meliputi:
  • penampilan pesaing baru
  • lebih canggih, lebih menarik atau lebih murah dari produk atau layanan Anda
  • sebuah peraturan baru meningkatkan biaya Anda
  • penurunan ekonomi, mengurangi keseluruhan permintaan
  • Setelah Anda melakukan analisis Anda, Anda akan dapat mengukur kemungkinan efek yang mungkin dimiliki setiap elemen pada strategi pemasaran Anda.
Misalnya, jika peraturan baru meningkatkan biaya persaingan di pasar di mana Anda sudah lemah, mungkin Anda ingin mencari peluang lain. Di sisi lain, jika Anda memiliki reputasi bagus dan pesaing utama Anda dalam masalah, peraturan mungkin merupakan kesempatan untuk secara agresif membawa Anda ke pelanggan baru.

KEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN ANDA

Dengan memahami kekuatan dan kelemahan internal perusahaan Anda serta peluang dan ancaman eksternal, Anda dapat mengembangkan strategi yang sesuai dengan kekuatan Anda sendiri dan menyesuaikannya dengan peluang yang muncul. Anda juga bisa mengidentifikasi kelemahan Anda dan mencoba meminimalkannya. Langkah selanjutnya adalah menulis rencana pemasaran terperinci yang menguraikan langkah-langkah spesifik yang harus diambil untuk menerapkan strategi ini.
Pertanyaan untuk ditanyakan saat mengembangkan strategi Anda
  • Perubahan apa yang terjadi di lingkungan bisnis kita? Apakah ini peluang atau ancaman?
  • Apa kekuatan dan kelemahan kita?
  • Apa yang ingin saya capai? Tetapkan tujuan yang jelas dan realistis.
  • Apa yang pelanggan cari? Apa kebutuhan mereka
  • Pelanggan mana yang paling menguntungkan?
  • Bagaimana saya menargetkan pelanggan potensial yang tepat? Adakah kelompok yang bisa saya targetkan secara efektif?
  • Apa cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka?
  • Dapatkah saya memperbaiki layanan pelanggan saya? Ini bisa menjadi cara murah untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan musuh dengan mempertahankan pelanggan, meningkatkan penjualan dan membangun reputasi yang baik.
  • Dapatkah mengubah produk atau layanan saya meningkatkan penjualan dan profitabilitas? Sebagian besar produk perlu terus diperbarui agar tetap kompetitif.
  • Dapatkah memperluas daftar produk atau layanan saya memenuhi kebutuhan pelanggan yang ada dengan lebih efisien? Ingat bahwa menjual ke pelanggan lama biasanya lebih menguntungkan daripada terus mencari yang baru.
  • Bagaimana saya menilai produk atau layanan saya? Meski harga harus kompetitif, kebanyakan perusahaan percaya bahwa kompetisi berbasis harga adalah strategi yang buruk. Apa lagi yang diminati oleh pelanggan saya? Kualitas? Keandalan? Efektivitas? Untuk mendapatkan nilai uang?
  • Apa cara terbaik untuk mendistribusikan dan menjual produk saya?
  • Apa cara terbaik untuk mempromosikan produk saya? Pilihan meliputi periklanan, pemasaran langsung, pameran di pameran dagang, PR atau pemasaran web.
  • Bagaimana saya bisa memastikan pemasaran saya efektif? Periksa bagaimana pelanggan menemukan bisnis Anda. Percobaan skala kecil bisa menjadi cara yang baik untuk menguji strategi pemasaran tanpa menimbulkan biaya yang berlebihan.
Demikian artikel Cara Jitu Merancang Strategi Pemasaran, agar lebih memahami materi silahkan simak artikel tentang Menganalisis Informasi Biaya Relevan
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Merancang Strategi Pemasaran "